Saatnya Negara Memperhatikan Kesejahteraan Hakim.

Teks foto : H.Djuyamto SH.MH

JAKARTA,BERITAONE.CO.ID--Benny K Harman, anggota Komisi III DPR RI,  mengkritik kurangnya perhatian negara terhadap kesejahteraan hakim. Hal itu terungkap dalam forum konsultasi Komisi III DPR dengan Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial (KY) beberapa hari lalu.

Pernyataan wakil rakyat dari partai Demokrat tersebut   memdapatkan tanggapan serius dari  H. Djuyamto, SH, MH, salah satu hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sekaligus pengurus pusat Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI), Jumat (6/9/2024).

Djuyamto yang juga menjabat sebagai Humas PN tersebut menyatakan,  persetujuannya terhadap pandangan Benny. Dia  menegaskan bahwa hingga saat ini, kesejahteraan hakim belum mengalami perbaikan yang signifikan sejak 2012.

DPR sebagai lembaga yang memiliki kekuasaan dalam hal anggaran, legislasi, dan pengawasan, seharusnya dapat memainkan peran strategis untuk memastikan jaminan kesejahteraan hakim sesuai dengan UU Kekuasaan Kehakiman.

Djuyamto juga mengingatkan kembali  peristiwa tahun 2012,  waktu itu  para hakim melakukan aksi mogok sidang sebagai bentuk protes terhadap ketidakpedulian negara terhadap pemenuhan kesejahteraan hakim. 

Pria asal Solo Jawa Tengah ini  berharap agar ada perhatian lebih serius dari pihak terkait dapat memastikan kesejahteraan hakim diperhatikan dan ditingkatkan. (SUR).

No comments

Powered by Blogger.