Asisten 1 Pemkab Ogan Ilir Lounching Aksi Gizi Di Sekolah SMAN 1 Tanjung Batu


OGAN ILIR-BERITAONE.CO.ID--Digelar secara serentak se Kabupaten, program AKSI BERGIZI DI SEKOLAH kini telah resmi di mulai diterapkan di setiap sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA Se Kabupaten Ogan Ilir. provinsi Sumatera Selatan.

Program AKSI BERGIZI tersebut, dibuka langsung oleh Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, melalui asisten I Pemkab Ogan Ilir Dicky Selendra. dibuka secara seremonial di SMA Negeri 1 Tanjung Batu, yang di tandai dengan pemukulan Gong oleh asisten 1 Dicky Salendra, pada Senin (12/8/2024).

Menurut Asisten 1, Aksi Bergizi di Sekolah ini, salah satu wujud Pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Indonesia termasuk di Kabupaten Ogan Ilir.

Ini adalah program Nasional dari kementerian kesehatan RI, yang dilaksanakan secara serentak mulai hari ini, untuk di Kabupaten Ogan Ilir, lounchingnya kita laksanakan di SMAN 1 Tanjung Batu ini, tadi telah kita buka secara simbolis dengan pemukulan gong, bertanda program ini telah mulai dilaksanakan " Ungkap Dicky Salendra

Kemudian Dicky Salendra menyampaikan, program Aksi Gergizi ini, selah satu wujud Pemerintah dalam menurunkan angka stunting di kalangan anak-anak indonesia.

Program ini salah satunya wujud pemerintah dalam menekan atau menurunkan angka stunting bagi anak-anak, yang sama-sama kita ketahui angka stunting di Indonesia ini masih cukup tinggi, terutama di kabupten kita ini, untuk harapannya dengan adanya program aksi bergizi ini anak-anak kita terutama bagi anak-anak pelajar bisa terhindar dari stunting, itu harapannya " kata Dicky 

AKSI BERGIZI DI SEKOLAH, merupakan progran Kemenkes, yang mengharuskan atau menerapkan anak-anak pelajar untuk membiasakan Diri makan makanan yang bergizi, 4 sehat 5 sampurna, contohnya ialah makan nasi lengkap dengan sayuran, ikan, daging, buah-buahan, dan makanan bergizi lainya.

Selain menerapkan supaya makan makanan bergizi, pada program AKSI BERGIZI ini, Kemenkes RI juga memberikan nutrisi tambahan dengan memberikan pil tablet penambah darah bagi anak-anak pelajar siswi yang ada di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA se Indonesia.

Kegiatan Lounching program AKSI BERGIZI yang digelar di SMAN 1 Tanjung Batu tersebut, dihadiri oleh  kepala Dinas kesehatan Ogan Ilir, Lurah dan Kades se Kecamatan Tanjung Batu, dan seluruh kepala Sekolah tingkat SMPN dan SMAN se Kabupaten Ogan Ilir.

Dari pantauan media ini, SMA Negeri 1 Tanjung Batu ini, termasuk salah satu sekolah unggulan yang ada kabupaten Ogan Ilir,  terbukti dengan banyak siswa siswinya yang telah mengukir prestasi yang gemilang, baik itu di tingkat provinsi maupun di tingkat Nasional.

Salah satu contohnya ialah, saat ini ada salah satu siswi yang berasal dari sekolah tersebut, yang menjadi  wakili provinsi Sumsel di ajang MTQ tingkat Nasional,  yang akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 9 Semptember 20224 mendatang.

Indah Lovedita binti Heriyadi, siswi  kelas XII SMAN 1 Tanjung Batu yang akan mewakili Sumsel di ajang MTQ cabang syarhil di tingkat Nasional pada bulan September mendatang.(zaki)

No comments

Powered by Blogger.