Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi Tinjau Pengembangan Kawasan Budidaya Tanaman Nanas di Kota Prabumulih


PRABUMULIH ,BERITA-ONE.COM-Dalam kunjungan kerja ke Kota Prabumulih Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi bersama  rombongan serta didampingi Walikota Prabumulih Ridho Yahya  melihat langsung,Pengembangan Kawasan Budidaya Tanaman Nanas di Kota Prabumulih. Bertempat di lokasi Pengembangan Budidaya Nanas di Trans Bunut RT. 01 RW. 05 Kelurahan Karang Jaya Kecamatan Prabumulih Timur kota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan. Selasa (21/2/2023)

Setiba di lokasi, Harvick Hasnul Qolbi langsung melakukan pemotongan pita tanda dibukanya kawasan budidaya tanaman nanas dan mencicipi nanas Prabumulih yang sudah disiapkan di pondok di tengah kebun nanas.Dan melakukan penanaman nanas secara simbolis bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). 


Sebelum menaiki tenda kehormatan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi bersama  rombongan serta didampingi Walikota Prabumulih  Ridho Yahya  melakukan meninjau langsung pembuatan serat nanas menjadi benang, Peralatan pembuat serat dari daun nanas atau dekortikator dan juga cara operasionalnya.

Dalam sambutannya Walikota Prabumulih  Ridho Yahya menyampaikan nanas dari daerahnya sudah diekspor ke Singapura. Namun, jumlah produksinya hanya mencapai 100 kg per bulan, sementara total permintaan sebanyak 2 ton per bulan.


“Ke depan kami berharap bantuan-bantuan dari Kementerian Pertanian, mulai dari bibit nanas dan alat-alat pengelolaannya dapat menggenjot produktivitas nanas di Prabumulih.

Ridho Yahya berharap dengan kunjungan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi pada Pengembangan Kawasan Budidaya Tanaman Nanas di Kota Prabumulih dapat menjadi motivasi bagi masyarakat petani nanas khususnya kota Prabumulih , dan meminta pembangunan AKA Migas juga dapat terlaksana,"Ungkapnya.

Dalam sambutanya Wamentan Harvick mendorong agar Pemerintah Kota Prabumulih terus menggiatkan ekspor pada komoditas nanas. Menurutnya, hal ini selaras dengan program unggulan Kementerian Pertanian yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor


“Konkretnya kita bisa mengundang pengusaha ke sini untuk dapat memanfaatkan serat nanas, sebagaimana kita saksikan tadi tidak hanya nanas secara fresh tetapi juga produk off farm atau hilirisasi bisa lebih cepat lagi,” Ungkapnya.

Turut hadir dalam acara pengembangan kawasan budidaya tanaman nanas di Kelurahan Karang Jaya , Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Giri Ramanda N Kiemas, dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Selatan Bambang Pramono,Kepala Inspektorat Indra Bangsawan SH, Kepala Dinas Pekerjaan Umum H Beni Akbar. Kepala dinas pertanian Alpian,Kepala dinas sosial Heriyanto,Kaban Kesbangpol Dasuan, Kepala Bappeda Abu Sohib,kepal dinas pendidikan Riduan.Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),Camat dan lurah sekota Prabumulih .(ADV-B1)

No comments

Powered by Blogger.