Jelang Musim Tanam, Gapoktan Desa Lubes Muara Enim Gelar Sedekah Sawah


MUARA ENIM - BERITA-ONE.COM-Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Lubuk Emplas (Lubes) mengadakan sedekah sawah atau sedekah ataran  bertempat disawah salah satu kelompok tani, Sabtu  kemarin (18/2).

Sedekah sawah ini bertujuan untuk  melestarikan adat istiadat yang diadakan setiap musim tanam padi setiap tahunnya.

Hal ini dikatakan Farizal Kepala Desa Lubuk Emplas  menyambut baik acara ini dan berharap kedepannya acara ini dapat lebih meriah lagi.

Kades juga mengajak,  Gapoktan dan kelompok tani  untuk terus  bersinergi bersama Pemerintah Desa untuk memajukan pertanian di Desa Lubuk Emplas.

Dirinya juga meminta kepada dinas terkait dalam hal ini PPL (Penyuluh pertanian lapangan) dapat membantu petani baik berupa alat, pupuk dan lainnya,"Pungkasnya.

Sementara itu, Solihin,SP Koordinator penyuluh  didampingi BPP Ujanmas Suryani Wahyuningsih,S.PKP  menyambut baik kegiatan ini PPL juga berharap kepada petani  untuk melaksanakan IP200  yakni  dalam satu tahun dapat panen 2 kali,"ucapnya singkat.

Ditempat yang sama, Deniansyah S.H selaku pengurus Gapoktan  mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Lubes, PPL, kelompok tani dan  warga  masyarakat lubuk emplas yang telah membantu mensukseskan acara ini.

Deni juga berharap, kepada seluruh ketua dan  anggota kelompok tani yang berjumlah delapan kelompok agar  dapat berkerjasama untuk meningkatkan kemakmuran petani.

"Kepada PPL dapat membantu alat, obat - obatan yang dapat meningkatkan produksi padi petani,"Ujar Deniansyah yang ketua kelompok tani Desa Lubes

Terpantau acara  diacara diadakan peramalan dan ditutup doa dengan harapan produksi meningkat dan dijauhi  dari hama penyakit yang merusak tumbuh kembang padi.(SM)

No comments

Powered by Blogger.