Ini Lho Manfaat Mangga untuk Kesehatan Keluarga


Sumber foto: https://id.pinterest.com/pin/94153448447302489/ 

BERITA-ONE.COM-Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan buah mangga bukan? Tanaman mangga ini berasal dari India dan Asia Tenggara dan telah dibudidaya selama 4000 tahun lamanya. Tanaman ini termasuk kingdom plantae dan adapun divisi mangga termasuk dalam Spermatophyta.

Saat ini tanaman mangga memiliki banyak jenis yang dapat Anda konsumsi, diantaranya mangga arum manis, mangga gendong, mangga golek, dan masih banyak lagi.

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah mangga juga kaya akan manfaat. Manfaat mangga diantaranya dapat menyehatkan pencernaan hingga memelihara kesehatan rambut dan kulit.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Meskipun termasuk tanaman musim, mangga cukup mudah ditemui di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Namun, soal manfaatnya tentu tidak perlu diragukan lagi. Manfaat mangga cukup beragam bagi kesehatan tubuh. Nah, inilah 8 manfaat mangga bagi kesehatan keluarga Anda.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah mangga mengandung senyawa antioksidan zeaxanthin yang bermanfaat menjaga kesehatan mata. Senyawa ini berperan aktif mencegah kerusakan mata dari degenerasi makula. 

Degenerasi makula sendiri yakni kondisi dimana mata akan menurun fungsinya seiring dengan bertambah usianya. Nah, hal ini dapat Anda minimalisir dengan banyak mengkonsumsi buah mangga. Sehingga mata akan tetap dalam kondisi yang sehat meskipun usia semakin bertambah.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat mangga berikutnya yakni berperan dalam mencegah kanker, seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker kulit dan saraf. Disamping itu, mangga juga tinggi akan kandungan vitamin A bagi tubuh.

Vitamin A dapat berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak akan rentan terkena penyakit. Konsumsi mangga dengan rutin dapat membuat tubuh Anda selalu bugar dan sehat.

3. Meminimalisir resiko diabetes

Selain kaya vitamin A, buah mangga juga berperan aktif dalam menurunkan kadar gula dalam darah terutama bagi mereka penyandang obesitas atau kelebihan berat badan. Anda dapat mengkonsumsi mangga secara rutin untuk menurunkan kadar gula dalam darah dan mengurangi berat badan.

Buah mangga juga mengandung senyawa yang berfungsi untuk meminimalisir resiko diabetes, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar lemak dan menurunkan berat badan. Sehingga, cocok juga dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet.

4. Memelihara Kesehatan Kulit dan Rambut

Buah mangga kaya akan vitamin A yang berperan dalam memelihara kesehatan kulit dan rambut. Hal ini dikarenakan vitamin A mengandung zat sebum yang berfungsi untuk melembabkan rambut. Selain itu, vitamin ini juga berperan aktif dalam memelihara kesehatan jaringan tubuh, seperti kulit dan rambut.

Selain tinggi akan kandungan vitamin A, buah mangga juga mengandung vitamin C yang berfungsi membuat kulit menjadi sehat. Pasalnya vitamin C dapat memelihara kolagen dalam tubuh.

5. Kaya Akan Antioksidan

Buah mangga mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, diantaranya  Mangiferin, Katekin, Antosianin, Asam galat, Kaempferol, Rhamnetin, dan Asam benzoat. Berbagai senyawa tersebut melindungi tubuh dari radikal bebas (kerusakan sel tubuh).

Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti munculnya penyakit kronis hingga adanya tanda-tanda penuaan dini. Buah mangga mengandung senyawa antioksidan pada daging buahnya, kulit bahkan bijinya.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buah mangga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah mangga mengandung vitamin A yang tinggi dan berfungsi sebagai penguat imun sehingga tidak akan mudah terkena penyakit. Sebaliknya, jika Anda kekurangan vitamin maka tubuh akan mudah terkena penyakit.

Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah mangga juga berperan aktif dalam pembentukan sel darah putih. Ini dapat membuat Anda lebih kebal terhadap penyakit yang masuk. Selain itu, juga dapat membantu sel tubuh bekerja secara efektif.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah mangga mengandung senyawa mangiferin yang berfungsi untuk memelihara kesehatan jantung. Konsumsi buah mangga secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan penyakit jantung.

Selain itu, mangga juga mengandung senyawa magnesium yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah, meningkatkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah menjadi rileks.

8. Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah mangga mengandung zat amilase yang membantu tubuh memelihara kesehatan pencernaan. Zat amilase berfungsi dalam memecah makanan menjadi partikel yang lebih halus sehingga membuat tubuh lebih mudah dalam menyerap makanan. 

Di sisi lain, buah mangga juga tinggi akan kandungan air dan serat yang berfungsi untuk memelihara kesehatan pencernaan dan menghindarkan Anda dari masalah pencernaan seperti sembelit maupun diare. 

Bagaimana, sangat beragam bukan manfaat mangga bagi kesehatan tubuh Anda? Mangga berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh mulai dari kulit, mata, jantung, hingga sistem pencernaan. Meskipun buah mangga termasuk tanaman musim, akan tetapi Anda bisa membelinya dengan mudah di Blibli.com. Dapatkan juga promo Mangga untuk pembelanjaan yang lebih hemat di Blibli.

Blibli merupakan salah satu marketplace terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan Anda mulai dari makanan, minuman, barang elektronik, pakaian, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Dapatkan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan di Blibli.com. Jangan lupa juga menggunakan diskon maupun voucher yang tersedia agar belanja lebih hemat.

No comments

Powered by Blogger.