Operator Desa Akui Masih Belum Paham Cara Menginput Data Akibatnya Anggaran Terbuang Sia - Sia


LAHAT,BERITA-ONE.COM- Bimbingan teknis (Bimtek) Sistim Keuangan Desa (Siskuedes) yang diikuti seluruh operator desa di Kabupaten Lahat nampaknya hanya menghambur - hamburkan uang negara. 

Bimtek Siskuedes ini digelar bertujuan untuk menambah wawasan ditingkat Operator Desa dalam mengoperasikan sebuah teknologi komputer untuk membantu pengelolaan keuangan desa.

Namun pada kenyataannya, usai mengikuti bimtek Siskuedes yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Praja dari tanggal 13 sampai 22 Juni tahun 2022 di Hotel Grand Inna Palembang, ternyata Operator Desa di Kabupaten Lahat mengaku belum memahami teknis pengoperasiannya ditambah lagi masih banyak desa yang belum memiliki jaringan internet. 

Salah satu operator desa di Kabupaten Lahat yang mengakui belum memahami menginput data keuangan tersebut adalah Br, dia mengatakan hasil dari bimtek siskuedes tak ada hasil yang dia dapatkan. 

"Sepulangnya dari bimtek siskuedes saya belum bisa memahami cara menginput data," ungkapnya. 

Hal itu dibenarkan oleh salah satu Kades di Kecamatan Kikim Area, Lahat, Jy, diakuinya hasil bimtek siskuedes yang diikuti operator desa nya itu masih belum bisa diaplikasikannya. 

"Sia - sia dana Rp 6 juta untuk ikut bimtek siskuedes, sepulangnya dari bimtek operator saya belum bisa memahami cara menginput data," tukasnya. (MC/FY)

No comments

Powered by Blogger.