Tingkatkan Minat Baca Literasi, Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Lahat, Targetkan Satu Desa Satu Perpustakaan


LAHAT, BERITA-ONE.COM- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Lahat menargetkan pada tahun ini untuk setiap desa memiliki satu Perpustakaan. Hal itu untuk meningkatkan  minat baca serta literasi masyarakat.

Di setiap desa harus ada dan dikelola baik oleh kepala desa dan perangkatnya. Paling tidak di Balai Desa sudah ada,” ujar Bidaria, SE, PLT Dinas Perpustakaan Lahat kepada wartawan diruang kerjanya, (08/06/22) 

Dia menyampaikan, program satu desa satu perpustakaan ini juga bertujuan untuk mendekatkan dan memberikan akses kepada masyarakat untuk bisa membaca, dan tentunya Dinas Perpustakaan Lahat akan menyalurkan bantuan buku penunjang. 

Namun akan dilihat dulu desa mana saja yang sudah memiliki fasilitas penunjangnya," ungkap dia. 

Menurutnya, itu semua harus ada payung hukum agar dana desa dan sebagainya ada untuk pembangunan perpustakaan. Mereka belum berani menganggarkan dana tersebut, maka dari itu perlu adanya sinergitas dari pihak - pihak terkait lainnya untuk dapat berkolaborasi membuat peraturan. 

“Kalau tidak ada itu, tidak akan terwujud satu desa satu perpustakaan.Sehingga, program satu desa satu perpustakaan  kemungkinan belum bisa terlaksana," jelasnya. (Tr)

No comments

Powered by Blogger.