Fornas VI, Hunian Hotel Meningkat Berdampak Pemulihan Ekonomi Sumsel


Palembang, BERITA-ONE.COM-Penyelenggaraan  Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI yang dipercayakan kepada Sumsel sebagai tuan rumah, diyakini akan berdampak terhadap sektor ekonomi. 

Ketua Perhimpunan Perhotelan  dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel  Kurmin Halim, saat dihubungi, Rabu (9/6), menjelaskan, Fornas akan berdampak pemulihan ekonomi dengan banyaknya jumlah kontingen yang datang ke Sumsel. 

Menurut Kurmin, dari informasi dari pemilik hotel memang telah ada lonjakan bookingan untuk menginap di hotel dari kontingen Fornas VI. 

Kurmin memperkirakan, pada H-14 akan makin banyak bookingan hunian hotel. “Mudah mudahan dari even besar ini akan membantu bisnis perhotelan, karena kita tahu sepanjang Covid bisnis hotel terpuruk dan banyak yang bergantung dari karyawan hotel mencari rezeki dari sini,” ujar Kurmin. 

Sementara Dirut Hotel Swarna Dwipa, Rebo Iskandar mengaku ada peningkatan bookingan hunian saat event Fornas VI yang bakal digelar 1-7 Juli 2022. 

Sementara itu, Ahmad Rizwan, Kepala Dinas Kominfo Sumsel yang juga membawahi bidang  IT, Broadcast, Humas, Media dan  Media Sosial, beberapa hari lalu menyampaikan  kesiapan termasuk media Center yang rencananya dipusatkan di Jakabaring Sport City.

Rizwan mengatakan,  dari jumlah kontingen yang berjumlah dua kali lipat dari jumlah PON. Karena jumlah total kontingen Fornas VI diperkirakan hampir mencapai 15 ribu orang. Rizwan menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan sistem informasi berkaitan dengan data-data yang dibutuhkan wartawan untuk bahan liputan. 

Fornas VI akan diselenggarakan di Palembang pada 1-7 Juli 2022 diikuti peserta dari seluruh provinsi, partisipasi dari seluruh masyarakat berperan besar untuk menyukseskan sebagai tuan rumah," kata Rizwan.

Sebagai tuan rumah yang baik, menurut Gubernur Herman Deru, pihaknya mengajak masyarakat bersama-sama menyambut kehadiran Presiden Jokowi, sejumlah pejabat pusat dan peserta Fornas dengan penuh suka cita.

Fornas merupakan ajang kompetisi olahraga rekreasi yang bertujuan tidak hanya untuk kebugaran jasmani, tetapi juga sebagai upaya melestarikan budaya daerah dan nasional.

Olahraga rekreasi yang sudah jarang dikenal oleh masyarakat diharapkan dengan adanya Fornas di Palembang, olahraga rekreasi dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.

Kemudian melalui olahraga rekreasi itu diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat mengembangkan olahraga rekreasi dan tradisional serta jalinan hubungan sosial. (MW)

No comments

Powered by Blogger.