Sebanyak 129 KPM Desa Talang Akar Terima BLT DD tahap 1 Tahun 2022


PALI,BERITA-ONE.COM - Masyarakat Desa Talang Akar, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) ucapkan banyak bertrimakasih kepada pemerintah terkhusus pemerintahan Desa Talang Akar yang mana telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ditengah sulitnya ekonomi dimasa pandemi yang masih melanda dan disaat Bulan Suci Ramadhan 1443 H tahun 2022 ini.

Seperti halnya yang di utarakan Supardji (70) mengucapkan ribuan terimakasih yang setulus-tulusnya atas BLT yang diberikan kepada kami, semoga dapat meringankan beban hidup dan bantuan ini menjadi barokah, ujarnya dihadapan kepala Desa Talang Akar Sunarto, Kamis (21/4/2022).

Sementara itu. Sunarto menjelaskan bahwa, BLT ini diberikan kepada 129 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Talang Akar dengan menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahap 1 tahun 2022.

Menurutnya. KPM tersebut merupakan warga yang potensial menjadi KPM dan tidak termasuk dalam penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan bansos pemerintah lainnya. Pendataan juga dilakukan sesuai fakta dan dilakukan secara musyawarah desa (musdes) yang berisikan pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, perwakilan dusun, dan lainnya. Data kemudian disaring di musdes sesuai kesepakatan bersama.

Alhamdulilah, pencairan tahap 1 sudah terlaksana yang mana hampir 50% DD Talang Akar diperuntukan untuk BLT. Untuk BLT sendiri per triwulan dari bulan Januari hingga Maret, sebesar Rp. 300 ribu perbulannya, artinya selama tiga bulan masyarakat menerima Rp.900 ribu" katanya.

Selain itu, lanjut Sunarto. Penyalurannya sendiri secara simbolis kita bagikan di kantor desa, selanjutnya kita memberikan undangan untuk mengambil sendiri ke Bank Sumsel sehingga tidak menimbulkan hal - hal yang tidak kita inginkan.

"Kita berikan undangan ke KPM melalui Kadus dan perangkat desa lainnya untuk mengambil secara langsung BLT tersebut, dan nanti pencairannya juga oleh KPM itu sendiri agar tidak terjadi hal - hal yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

Sunarto juga berharap kepada masyarakat Talang Akar, bagi yang namanya tidak tercantum dalam BLT diharapkan jangan sampai ada salah paham, karena semua unsur sudah kita kumpulkan untuk menentukan masyarakat yang benar - benar berhak menerimanya. jadi hal ini hasil musyawarah mufakat dan bukan kita pilih - pilih. Semoga, dengan adanya bantuan BLT ini masyarakat Desa Talang Akar terbantu untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, harapnya.(SH)

No comments

Powered by Blogger.