Tak Lama Lagi, 210 KPM Masyarakat Benakat Minyak Akan Segera Terima BLT


PALI,BERITA-ONE.COM - Tak lama lagi sebanyak 210 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) masyarakat Desa Benakat Minyak Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan terima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 1 anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022.

Menurut Edi Suprapto Kepala Desa Benakat Minyak, sebanyak 210 KPM tersebut merupakan warga yang potensial menjadi KPM dan tidak termasuk dalam penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, Bantuan Sosial Tunai (BST), dan bansos pemerintah lainnya. Pendataan juga dilakukan sesuai fakta dan dilakukan secara musyawarah desa (musdes) yang berisikan pemerintah desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, perwakilan dusun, dan lainnya. Data kemudian disaring di musdes sesuai kesepakatan bersama dan akan dilanjukan ke kecamatan maupun Dinas Pemerdaya Masyarakat Desa (DPMD).

Sekarang dalam tahap pengajuan. Insyaallah pencairan BLT tahap 1 akan terleasasi paling lambat dibulan April, yang mana hampir 60 % DD Benakat Minyak diperuntukan untuk BLT ," katanya saat ditemui media ini dikediamannya, Rabu (16/3/2022).

Selain itu, Edi Suprapto mengungkapkan. dari nama - nama KPM ini ditetapkan berdasarkan musyawara mufakat yang mana tidak kita pilah - pilih melainkan KPM yang benar - benar berhak dan layak menerimanya.

Misalkan dikemudian hari ada gejolak ditengah masyarakat diharapkan jangan sampai ada salah paham, karena semua unsur sudah kita kumpulkan untuk menentukan masyarakat yang benar - benar berhak menerimanya," ujarnya.

Lanjut Edi menuturkan, sebanyak 210 KPM tersebut nanti akan menerima Rp.300.000 per bulan, yang mana dicairkan selama 3 bulan sekali (red - per triwulan) dan nanti pencairannya juga oleh KPM itu sendiri agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

Edi Suprapto juga berharap, Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT DD) anggaran tahun 2022 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional, dengan adanya bantuan ini semoga masyarakat Desa Benakat Minyak yang terdampak dalam ekonomi bisa teringankan dan terbantu untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, harapny.(SH)

No comments

Powered by Blogger.