Kabupaten PALI Gelar Musrenbang dan RKPD Tahun2023


PALI,BERITA-ONE.COM - Dalam rangka mendapatkan masukan dari setiap pemangku kepentingan terhadap permasalahan pembangunan, isu aktual dan strategis, serta program pembangunan untuk perencanaan pembangunan daerah tahun 2023. Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) serta Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten PALI tahun 2023, berlangsung di Aula kantor Bupati PALI KM 10, Kamis (31/3/2022).

Dalam laporannya,KabanBappeda Ahmad Jhoni, S.P.,M.M menyampaikan bahwa dasar hukum pelaksanaan musrenbang ini mengacu pada UU No. 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, serta UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, serta peraturan menteri dalam negeri nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan,pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.


Dilakukannya musrenbang ini, agar mendapatkan masukan dari setiap pemangku kepentingan terhadap permasalahan pembangunan, isu aktual dan strategis, serta program pembangunan untuk perencanaan pembangunan daerah tahun 2023. Serta,menyepakati permasalahanpembangunan, prioritas

pembangunan daerah, program dan kegiatan pembangunan daerah tahun 2023 serta dalam rangka penyelarasan programdan kegiatan pembangunan Daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi," ujarnya.

Selain itu Ahmad Jhoni juga menjelaskan, Organisasi perangkat daerah dalam menetapkan program maupun kegiatan harus benar- benar dapat mengukur target capaian kinerja sebelumnya dan lebih memprioritaskan program langsung yang berdampak bagi masyarakat Kabupaten PALI.

" Seperti, Pemulihan ekonomi dan peningkatan daya saing daerah, peningkatan tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi daerah, Percepatan penanganan kemiskinan dan stunting, Peningkatan infrastruktur dasar, kualitas lingkungan hidup dan stabilitas trantibumlinmas," katanya.


Sementara itu, Bupati PALI, Ir. H Heri Amalindo, MM dalam hal ini diwakili Wakil Bupati PALI Drs Soemarjono membuka secara resmi musyawarah rencana pembangunan RKPD tahun 2023 sekaligus menyampaikan, bahwa musrenbang diselenggarakan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus wadah menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat dipertanggungjawabkan.

Pemkab PALI menggelar musrenbang kali ini dengan meningkatkan sumber daya manusia yang unggul guna mendukung pemulihan ekonomi daerah, untuk menyelaraskan prioritas pembangunan Kabupaten PALI yang profesional dalam pelayanan kepada masyarakat. Semua hal yang menjadi fokus tersebut ditentukan melalui tahapan perencanaan pembangunan mulai dari musrenbang desa/kelurahan sampai forum perangkat daerah yang telah selesai berapa waktu lalu di tahun 2022," tuturnya.

Ia berharap perencanaan pembangunan yang dirancang bersama ini tidak hanya sekedar upaya untuk menyelesaikan permasalahan, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan di masa yang akan datang sehingga diperlukan komitmen tinggi dan dukungan dari semua pihak.


Lanjut Ia memaparkan perencanaan kedepan agar memperhatikan capaian indikator makro pembangunan tahun 2021 dan target tahun 2022. Maka target indikator makro Pemerintah Kabupaten PALI tahun 2023 adalah sebagai berikut.

A. Pertumbuhan Ekonomi Pada Tahun 2023 Ditargetkan Tumbuh Sebesar 6,0-6,5%. Meskipun Di Tahun 2021 Hanya Tumbuh Sebesar 2,18%, Target Ini Diharapkan Dapat Tercapai Dengan Asumsi Bahwa Di Akhir Tahun 2022 Kasus Pandemi Covid Semakin Berkurang

Dan Di Tahun 2023 Aktivitas Perekonomian Masyarakat Dapat Berjalan Normal Dan Mengalami Peningkatan.

B. Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Tahun 2023Ditargetkan Meningkat Di Angka 67,74 Poin. Angka

Ini Diproyeksikan Dengan Melihat Perkembangan Ipm Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Yang


Dari Tahun Ke Tahun Terus Mengalami Peningkatan.Untuk Mencapai Target Tersebut, Tentunya Harus

Diiringi Dengan Upaya Peningkatan Kualitas Sdm Pada Dimensi Pendidikan, Kesehatan Dan Pendapatan

Masyarakat.

C. Persentase Kemiskinan Tahun 2023 Ditargetkan Mengalami Penurunan Pada Angka 11,10% - 11,15%.

Walaupun Di Tahun 2021 Kemiskinan Kabupaten Pali Meningkat Di Angka 12,91%, Target Ini Juga Diharapkan Dapat Tercapai Dengan Asumsi Tidak AdaPenambahan Masyarakat Miskin

Baru Dan Dibutuhkan Usaha Maksimal Dari Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah Dan Seluruh Stakeholders.

D. Tingkat Pengangguran Terbuka Tahun 2023 Ditargetkan Menurun Pada Angka 3,11%. Angka Ini

Diasumsikan Dengan Melihat Perkembangan Tpt Kabupaten Pali Yang Semakin Membaik Dimana Pada

Tahun 2019 Tingkat Pengangguran Terbuka Sebesar 4,14% Dan Di Tahun 2021 Berada Pada Angka 3,61%. Selain Itu, Dengan Asumsi Perekonomian Masyarakat

Dan Kualitas Sdm Yang Semakin Meningkat Di Tahun 2022 Dan 2023 Diharapkan Terjadi Peningkatan.( SH-ADV )

 

No comments

Powered by Blogger.