Dispersipda PALI Raih Dua Penghargaan Dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial


PALI,BERITA-ONE.COM -  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersipda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) meraih dua penghargaan berturut - turut dari tahun 2020 sampai 2021 dari Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia sebagai penghargaan Dinas Perpustakaan kategori kabupaten/kota dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan.

Hal ini diharapkan menciptakan kesadaran masyarakat untuk berkembang dan keswadayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan mereka, sehingga mampu meminimalisir ketergantungan pada pihak-pihak di luar dirinya.

Perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan perpustakaan yang memfasilitasi masyarakat dalam  mengembangkan potensinya dari membaca sampai menerapkannya sehingga menghasilkan nilai ekonomi.

Alhamdulillah, kita patut bangga dan bersyukur karena Kabupaten PALI sudah mengimplementasikan program tranformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan sekaligus mendapatkan pengahrgaan dari tahun 2020 dan 2021," ujar Kepala Dispersipda Drs. Agen Eledi didampingi Sekretarisnya Dra. Hartiana, MM pada Rabu (2/2/2022).

Lanjut Agen Eledi, saat ini Dispersipda memiliki 12 kelompok dan mengandeng beberapa siswa dalam implementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini.

" Penghargaan yang diraih ini semoga dapat dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan prestasi sebab penghargaan ini adalah amanah dan dapat menumbuh kembangkan masyarakat dari membaca dan mendapatkan keuntungan. Kedepan, mudah - mudahan kita dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini,katanya.(SH)

No comments

Powered by Blogger.