Amrullah Djamaludin, SE : Penangan Sampah Bukan Hanya Tanggung Jawab Pemerintah, Tetapi juga Tanggung Jawab Masyarakat

MUARA ENIM, BERITA-ONE. COM-Pengelolaan sampah berbasis swadaya masyarakat dan desa, untuk mengulangi permasalahan sampah di masyarakat, yang kemudian akan mencega sumber penyakit serta dapat menjadi nilai tambah. 

Untuk itu persoalan sampah bukanlah tanggung jawab pemerintah saja akan tetapi tanggung jawab masyarakat juga sangat diperlukan.

Demikian dikatakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Muara Enim Amrullah Djamaludin, SE didepan peserta sosialisasi yang terdiri dari kepala desa dalam kabupaten Muara Enim. berlangsung di ruang Rapat Bappeda Muara Enim.Selasa (27/11/2018)

Sesuai dengan Undang undang 18 tahun 2008 tentang sampah bahwa masyarakat mempunyai tanggung jawab terhadap sampah nya sendiri.

Dijelaskan Amrullah untuk penanganan persoalan sampah harus dilakukan.terobosan layaknya seperti yang sudah di lakukan di kecamatan Lawang Kidul dan Muara Enim yang sudah melakukan terobosan penganganan sampah yang melibatkan masyarakat.

Melalui sosialisasi ini  kita minta agar Dinas Lingkungan Hidup bersama kecamatan dan desa agar dapat membuat kesepakatan guna menanggulangi persoalan sampah dengan membuat kelembagaan yang diatur dalam badan usaha milik desa atau BUMDes.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan  Desa  Risman Effendi mensupport Dinas Lingkungan Hidup yang akan melakukan kerjasama dengan Desa sehingga dalam.prakteknya terdapat hubungan yang sinergis dari pengelolaan sampah.

Selanjutnya Sosialisasi pengelolaan sampah di sampaikan.oleh Handono salah satu pelaku usaha sampah yang sudah.berhasil di berbagai kelembagaan dan usaha persampahan di Kota Prabumulih Pali dan beberapa kota.”Pungkasnya (Tas) 

No comments

Powered by Blogger.