Deklarasi Kalena (Kecamatan Layak Anak) Dibuka Oleh Pj Bupati Muara Enim

Penjabat Bupati Muara enim Teddy Meilwansyah, S.STP, MM,. Membuka Deklarasi Kecamatan Layak Anak (KELANA)
MUARA ENIM, BERITA. ONE. COM-Penjabat Bupati Muara enim Teddy Meilwansyah, S.STP, MM,. Membuka Deklarasi Kecamatan Layak Anak (KELANA) Dan Penyusunan Rencana Aksi Daerah ( RAD ) KLA, bertempat di Ruang Pangripta Nusantara Bappeda Kabupaten Muaraenim, Selasa (31/7/2018).

Pemerintah Kabupaten Muaraenim melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA), Kecamatan Layak Anak (KELANA) dan Desa / Kelurahan Layak Anak (DEKELA).

Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha sehingga pemenuhan hak-hak anak Indonesia dapat lebih dipastikan. Kebijakan ini merupakan implementasi dari tindak lanjut komitmen dunia melalui “World Fit for Children”, dimana Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga turut mengadopsinya.

Dalam sambutannya Pj Bupati Muaraenim mengatakan anak sebagai potensi dan aset merupakan generasi penerus Bangsa dan Sumber Daya Manusia yang sangat menentukan keberhasilan pembangunan pada masa-masa mendatang.

"Dengan demikian anak sebagai generasi penerus bangsa dan pembangunan akan menjadi manusia yang berkualitas, sehat berprestasi, maju dan mandiri dalam dalam berbagai hal.

Pencanangan Kabupaten Muaraenim Layak Anak dalam wujud Deklarasi  telah dilakukan pada tanggal 04 Agustus 2017 di Palembang."Katanya.

"Sebagai tindak lanjutnya diadakan Deklarasi Kecamatan Layak Anak (KELANA) dan seterusnya akan di lanjutkan dengan Desa / Kelurahan Layak Anak (DEKELA). Deklarasi ini menjadi wujud nyata akan perhatian dan peran serta jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan seluruh komponen masyarakat lainnya dalam upaya memastikan dan menyediakan lingkungan yang mampu menjamin tumbuh kembang anak dan perlindungan anak di Kabupaten Muara Enim.

Deklarasi ini juga menjadi pengakuan akan komitmen seluruh pihak dalam mewujudkan Kabupaten Muaraenim sebagai Kabupaten Ramah Anak dan Anti Kekerasan.

Untuk itu saya harapkan, komitmen ini dapat terus dipegang teguh oleh seluruh pemangku kebijakan serta komponen masyarakat di Kabupaten Muaraenim.

Mewujudkan kondisi ini, saya mengajak seluruh jajaran, baik pemerintah, pihak sekolah, masyarakat, keluarga serta pemangku kebijakan lain untuk dapat meningkatkan sinergisitas dalam upaya mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Mari kita akhiri kekerasan pada perempuan dan anak serta kita bangun keluarga harmonis yang penuh kasih sayang. Semoga berbagai upaya yang kita lakukan dapat semakin menjamin terwujudnya pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Muara Enim serta menjadi perlindungan terhadap anak dari tindak kekerasan dan diskriminasi."Pungkasnya. (Tas)

No comments

Powered by Blogger.