Pelatihan Kurikulum 2013 Bagi Guru Dan Kepala Sekolah.

PALI,BERITA-ONE.COM- Kegiatan pelatihan ditutup hari ini Minggu, 10 Juni 2018, Kegiatan pelatihan ini dilakukan dua tahapan yakni tahap 1 dari tanggal 29 Mei s.d 3 Juni 2018, tahap II dari tgl 5 sampai 10 Juni 2018 Di SMP YPIP PENDOPO Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir(PALI) Provinsi Sumatera Selatan dan hari ini langsung penutupan,  SMP PERIS merupakan salah satu tuan rumah yang mengadakan pelatihan Di PALI Provinsi Sumsel sebagai sosialisasi kuri kulum 2013, makanya para Kepala Sekolah SMP dan guru dilakukan pelatihan.

Muhammad Ma'un, SPd,  MPd merupakan Pengawas PPPPTK  Bahasa utusan dari PPPPTK dari Jakarta yang memberikan bimbingan dan pelatihan terhadap  Peserta menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini penting dan alhamdulillah hasilnya sangat baik,  kami melihat dari awal mulai dari kehadiran, dengan cara para guru mengerjakan soal sampai hari ini pengumuman kelulusan dengan jumlah peserta tahap 2 yang lulus yakni 93 orang dari jumlah 98 peserta yang ikut pelatihan pada tahap ke ini tadi," terangnya.


Selanjutnya Sebagai Narasumber Suparmanto,  S.Pd dalam pidatonya menyampaikan, banyak  terimah kasih kepada Kepala Sekolah dan Jajaran guru atas sambutan dan kesempatannya,  karena sejak kami beberapa hari ini melatih peserta disekolah YPIP PERIS ini telah diberi fasilitas yang sangat baik.  Terimah pak Ade Irawan Kepala SMP PERIS, juga para dewan guru yang telah membantu sehingga acara kita ini berjalan lancar dan sukses.

Kami harapkan dari pelatihan ini para dewan guru dan Kepala Sekolah harus menjadi suri tauladan, insyah allah dibulan suci ramadhan ini kita semua adalah guru yang menjadi contoh terbaik bagi anak - anak bangsa yang yang kita didik .Selain itu yang kami sampaikan dalam pelatihan beberapa hari ini diharapkan menjadi bekal pengetahuan yang luar biasa bagi bapak ibu guru dan kepala sekolah. Dengan ada pelatihan ini kami harapan para guru dapat  menciptakan anak bangsa yang lebih baik segala bidang.


Dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan Kesan dari Peserta salah satunya menyampaikan, banyak terimah kasih kepada lembaga PPPPTK BAHASA dari Jakarta serta narasumber, dan pihak diknas serta pihak sekolah SMP PERIS sehingga kami semua peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik sampai penutupan acara,terimah atas ilmu yang telah diberikan oleh narasumber pembimbing kepada kami peserta, tak lupa juga kami ucapkan tetimah kasih banyak  kepada Kepala Sekolah dan Jajaran guru SMP PERIS  atas fasilitas tempat yang diberikan kami bersyukur adanya pelatihan ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kami dalam mendidik siswa - siswi disekolah kami masing - masing. Kami juga mengucapkan Mohon maaf Lahir Bathin,  beribu - ribu maaf kami sampaikan bilamana kami seluruh peserta terdapat ada kekurangan atau yang kurang berkenan dihati bapak ibu narasumber dari Jakarta serta panitia penyelenggara. . Terhadap penyelenggarah alhamdulillah sambutan serta fasilitas yang kami terimah cukup baik, semoga walau pun masih ada kekurangan dari penilaian ini menjadi motivasi kita bersama untuk menuju perubahan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Sementara itu Kepala SMP YPIP PERIS Pendopo Kabupaten PALI Ade Irawan, S.Pd. dalam sambutannya mengucapkan banyak terimah kasih kepada semua pihak yang telah mempercayakan sekolah kami ini untuk dijadikan salah satu tempat pelatihan yang satu - satunya sekolah mewakili SMP dalam Kabupaten PALI bahkan satu - satunya sekolah yang mewakili Sumatera Selatan yang ditunjuk oleh PPPPTK menjadi tempat pelatihan yang sudah kita selenggarakan ini.

Selain itu Ade Irawan juga menginformasikan bahwa sekolah kita ini merupakan Salah - satu sekolah yang tertua di Kabupaten PALI,  Sekolah ini berdiri pada tahun 1934, serta banyak sejarah yang terkandung disekolah ini dan bahkan sudah banyak sekali alumni sekolah ini menjadi pejabat tinggi Negara ditanah air. Salah satunya Mantan Gubernur Sumsel Asnawi Mangku Alam ditahun 1974.

Ada beberapa alasan dari Kementrian pendidikan Republik Indonesia menunjuk SMP YPIP Pendopo Talang Ubi PALI yakni,  ada nilai sejarah dan budaya yang tinggi yang terkandung disekolah yang waktu itu bernama Nedherland Islamic School( Sekolah Hindia Belanda) yang pendirinya Vande Hour yang sekarang berganti nama Yayasan Perguruan Islam Pendopo ( YPIP ). Sekolah ini dulu hidup di 3 Zaman yakni Zaman Penjajahan Hindia Belanda, Zaman Penjajahan Jepang dan Kemerdekaan RI sampai detik sekarang ini YPIP tetap jaya mensukseskan berbagai alumni terbaik.

Sesuai dengan Amanah leluhur pendiri YPIP,Akan kita kembangkan dan kita lestarikan serta budayakan nilai - nilai luhur yang terkandung dalam isi YPIP.  Kami segenap guru penerus disekolah ini kedepan akan berbuat semakin dan lebih baik dimasa sekarang dan masa yang akan datang, sekolah ini mengutamakan kebersihan, kedisiplinan dan keagamaan serta terus melakukan peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas dan profesional dalam bekerja khususnya dalam dunia pendidikan.

Semoga apa yang sudah kita laksanakan ini mendapatkan barokah, rahmat dan ridho dari Allah Swt serta restu dari para leluhur YPIP. 

Semboyan YPIP yakni,  TRISULA( JUJUR,  ADIL DAN Bijaksana.

Mewakili Diknas Pendidikan Megawati, S. Pd Kabid GTK  Dari Diknas menyampaikan terimah kasih kepada pihak sekolah SMP YPIP Peris sebagai tuan rumah dan penyelenggarah hingga acara ini berjalan lancar dan sukses.  Semoga YPIP kedepan akan menjadi sekolah yang semakin baik, karena melihat dari sekolah ini menjadi tuan rumah tak sedikit pun ada halangan sampai berakhirnya kegiatan dengan hasil pencapaian 93 persen.

Terpisah Herman karta kusuma staf evaluasi pendidikan dan pelatihan PPPPTK( pusat pengembangan pemberdayaaan,  pendidikan dan tenaga kependidikan bahasa, mengatakan sesuai fungsi kami yang mendidik,  melatih,  dan mengembang kurikulum 2013 yang dari tahun ketahun telah disempurnakan. Nah barusan kita telah lakukan 2 tahapan pelatihan, efektif tahap pertama 83 peserta peserta 72 orang, tahap tahap 2 , 98 orang realisai 96 orang.dengan total 181 peserta.

Kita punya harapan kepada semua peserta kiranya dapat menerapkan kurikulum yang baik ini dan dapat membimbing guru - guru yang belom hadir sehingga mereka juga dapat ilmu serta termotivasi untuk mendidik anak bangsa.(red).

Foto Ade Irawan S.Pd Kepala SMP PERIS, Narasumber dan dari Lembaga  PPPPTK Balai Bahasa utusan dari Kemetrian Pendidikan Utusan Jakarta Pada  Minggu, 10 Juni 2018. DiAulah Sriwijaya SMP PERIS Pendopo.(SH)



No comments

Powered by Blogger.