Kades Se - Kabupaten PALI Galakan Komitmen Desa Bebas SMS

PALI,BERITA-ONE.COM - Untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi masyarakat, Tim Penggerak PKK bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten PALI gelar Gebyar dan penandatanganan Komitmen seluruh Kepala Desa Se - Kabupaten PALI Stop Meseng Sembarangan (SMS), berlangsung dilapangan Ampera Terminal Pendopo Kecamatan Talang Ubi,Selasa (1/8/2017).

Kegiatan penandatanganan komitmen SMS ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan NOL bagi masyarakat yang melakukan Meseng Sembarangan, dan juga pemerintah sudah menyiapkan sebanyak 2017 Jamban berbasis masyarakat sehat yang akan disebar di seluruh desa Se - Kabupaten PALI.

Dikatakan Ketua TP KK Ir Hj Sri Kustina Heri Amalindo, bahwa kegiatan ini merupakan program PKK pokja 4,yang bertujuan menciptakan masyarakat yang sehat , dimana PKK ikut serta dalam program pemerintah menyentuh masyarakat salah satunya program SMS. program ini tak hanya dari TP PKK saja melainkan juga bekerja sama seluruh elemen pemerintah, hal ini kami lakukan dengan melakukan survei dibebera desa dan tim kami menemukan di Kabupaten PALI sangat minim jamban keluarga, terutama keluarga kurang mampu. Untuk itu, kita PKK buat program ini dengan memberikan sebanyak 1000 jamban, tak hanya itu,  selain PKK, Pemerintah juga membantu dan menjadi total sebanyak 2017 Jamban sehat, katanya.

" Kita berhar dimana gebyar dan komitmen sms ini agar terciptanya lingkungan sehat dan mencegah terjadina diare dan ini komitmen bagi kita untuk menggalakan nol meseng sembarangan bagi setiap desa maupun seluruh masyarakat PALI. Dengan adanya komitmen ini marilah kita harus bersungguh - sungguh agar terciptanya lingkungan yang sehat, tentunya apabila program ini berjalan dengan baik Insyaallah Kabupaten PALI lebih dikenal oleh daerah lain ", harapnya.

Selain itu, Sri juga mengatakan. SMS
ini merupakan program unggulan ketiga PKK PALI, yakni yang pertama Kampung Manis, Rumah Cinta dan SMS. Pada program Kampung Manis alhamdulillah  70 % desa sudah menanam tebu dan sudah mendapatkan hasil yang maksimal, bahkan sudah menambah penghasilan untuk keluarganya. Tentunya program ini sangat membantu perekonomian keluarga.

Perlu kita sampaikan, Lankut Sri. Bahwa TP PKK kembali mendapatkan Juara Satu tingkat Provinsi,yakni penanaman toga , Hati PKK, Bina Balita, PHBS dan ini kita ditantang lagi dalam pengangkatan program UP2K dan KDRT. Tentunya kita harus saling mendukung baik masyarakat maupun pemerintah untuk menggalakan program ini kedepan supaya kita dapat juara lagi, harapnya.

Sementara itu, Bupati PALI Ir. H. Heri Amalindo, MM sangat mengapresiasi program SMS ini, bahkan Heri berjanji akan memberikan hadiah bagi Desa NOL SMS.

" Saya akan memberikan apresiasi besar bagi Kepala Desa , Apabila desa tersebut Nol meseng sembarangan dengan memberikan hadiah Umroh + uang 100 juta, tentunya pemerintah sangat bersungguh - sungguh dalam gebyar komitmen NOL SMS ini ", katanya.

Selain Program Jamban Desa, Lanjut Heri. Kita akan membuat program Jamban SMS untuk kelurahan, karena dikelurahan kita lihat cukup banyak juga masyarakat yang belum memiliki jamban untuk itu kedepan kita akan programkan. Marilah kita bahu membahu membantu program PKK ini supaya terciptanya lingkungan sehan dan bersih, sehingga terhindar dari penyakit Diare, harapnya. (Advertorial- SH)

No comments

Powered by Blogger.