Muzakir: Peranan Pers sangat Penting Dalam Kehidupan Sosial Dan Bermasyarakat.

MUARA ENIM ,BERITA-ONE.COM-Untuk meningkatkan SDM wartawan kabupaten Muara Enim,Bupati Muara Enim Ir.H.Muzakir Sai sohar melalui bagian Humas dan protokol sekretariat pemerintah  Kabupaten Muara Enim,Provinsi Sumatera Selatan mengadakan dialog dan Audiensil Bupati Muara Enim dengan Ketua Dewan Pers  serta Media dan Wartawan Se-Kabupaten Muara Enim, dengan Temah, "Sosialisasi dan Penjelasan Verifikasi Media dan UKW Untuk mewujudkan Wartawan Profesional serta terkait menyikapi Berita HOAK di Media Sosial(Medsos) saat ini dalam rangka mendukung Pembangunan Daerah sesuai dengan UU No.40/1999 tentang Pers" Kegiatan ini di Gelar di Ballrom Hotel Griya Sintesa Muara Enim,Jum'at(12/5/2017).

Bupati Muara Enim dalam sambutannya mengatakan,Peran Media sangat penting dalam kehidupan sosial bermasyarakat,karena Media merupakan sumber utama mencari informasi,dan menyebarluaskan perkembangan dan kemajuan disuatu daerah,melalui media inilah baik media cetak maupun media elektronik dalam mengemas suatu pembeitaan harus sesuai dengan fakta dan aktual,agar berita tersebut bisa dipertangung jawabkan serta bisa dibuktikan kebenarnya,dan bukan berita HOAK,seiring waktu berjalan yang terjadi sekarang ini sedang berkembang dikehidupan masyarakat yakni Media Sosial(Medsos),kata Muzakir,Jum'at(12/5/2017)

Lanjut Muzakir, Peran Media dalam pemberitaan harus pakta dan aktual,dan berita tersebut dapat dipertangungjawabkan dan bisa dibuktikan kebenarannya,tetapi ada juga berita yang dikeluarkan oleh media itu yang tidak sesuai dengan pakta dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya(HOAK).bebernya.

Disamping itu dikatakan juga oleh Kabag humas. H Rinaldo, Bahwa dialog dan audiensi ini untuk meningkatkan penyelengaraan pemerintahan dalam penyampaian informasi dan perkembangan Pembangunan kabupaten  Muara Enim, "dialog ini menambah pengetahuan tentang jurnalistik dan meningkatkan sumber daya manusia dan mempererat jalinan silaturahmi pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan para wartawan kabupaten Muara Enim ini.paparnya.

Menurut Dewan pers, Pers merupakan Demokrasi kemerdekaan Pers,perluh diketahui semua orang bisa buat media, Asalkan bisa memenuhi syarat yang ditentukan,dan mendaftar ke dewan pers,dan dewan melakukan Verifikasi terhadap Perusahan pers,perusahaan pers juga harus dapat membayar gaji wartawannya.jelas Yosef Adi Prastyo.

Lanjut Yosef, "Saat ini banyak wartawan abal-abal dan buat berita HOAK,diperkirakan sekitar 43.300,tapi yang tercatat sebagai media pofesianal yang lulus pedataan hanya 168 media online saja,telah terjadi penyusutan dari data  tahun 2014 yang mencapai 243 media online".katanya

Ditegas oleh ketua dewan pers, Media harus mempunyai badan hukum dan tidak boleh mengunakan nama lembga negara. Atau kementrian dan LSM baik secara lengkap maupun singkatan. Misalnya BIN,KPK,ICW. Wartawan hrs menjalankan tugasnya dg profesional dan mempunyai pengetahuan khusus.pungkas yosef ketua Dewan Pers RI.(PIN)

No comments

Powered by Blogger.