Penjual Kunci Jawaban UN Ditangkap Setelah Memperdaya 225 Siswa SMA.

Jakarta,BERITA-ONE.COM-Seorang penjual kunci jawaban UN tahun 2017 ini
berhasil memperdaya siswa 225 SMA di Tuban Jawa Timur berhasil ditangkap Polisi. Pelaku yang berinisiat MKU diamankan petugas dengan sejumlah  barang bukti,   7 April 2017.

Anggota Unit Tindak Pidana Ekonomi (Tipidek) Sat Reskrim Polres Tuban, Jawa Timur, mengatakan ,  penangkapan terhadap terduga pelaku penipuan dengan modus memberikan kunci jawaban Ujian Nasional ini berawal dari laporan masyarakat Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, bahwa anak angkatnya ditawari kunci jawaban UN SMA tahun 2017. Berbekal dari laporan inilah, pelaku berinisial MKU harus berurusan dengan Polisi.

“Pelaku menjanjikan akan memberikan kunci jawaban pada Minggu (09-04-2017) menjelang hari ujian pada Seninnya. Namun pada 05 April 2017, pukul 16.00 WIB, pelaku sudah ditangkap oleh anggota saya di warung jus Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo,” terang Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad.

Modusnya, pelaku meyakinkan kepada para siswa yang akan mengikuti UN dengan menunjukkan contoh kunci jawaban, setelah para siswa percaya terlapor memberikan harga sebesar Rp200 ribu. Dari hasil penipuan tersebut pelaku berhasil meraup uang sebesar Rp31.600.000. Hasil kejahatan ini, pelaku pakai untuk membeli handphone Rp4 juta dan untuk makan Rp850 ribu.

Dari tangan pelaku disita handphone, ATM Bank mandiri, kertas contoh kunci jawaban, kertas catatan data siswa yang membeli, dan uang tunai Rp10.750.000. Sedangkan siswa yang sudah membeli kunci jawaban sebanyak 225 orang berasal dari SMAN 1 Jatirogo, SMAN 1 Kenduruan, MA Tsalafiah Jatirogo, dan MA Mambaul Futuh Jenu.

Kapolres Tuban mengimbau untuk para siswa yang akan melaksanakan UN, agar mempersiapkan diri dengan belajar, lakukan ujian dengan jujur dan tidak terpengaruh oleh ajakan maupun tawaran dengan kunci jawaban ujian. (TBN/SUR).

No comments

Powered by Blogger.