Pilkada Aman, Mendagri Sampaikan Terima Kasih.

Mendagri Tjahjo Kumolo
Jakarta, BERITA-ONE.COM-Seperti dirasakan, Pilkada Serentak 2017 yang dilaksanakan di 101 daerah kemarin, secara umum berlangsung  aman dan kondusif.

Berkaitan dengan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengucapkan rasa terima kasih atas kerja sama semua pihak baik kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU,Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Badan Intelijen Negara (BIN), TNI, dan Polri serta masyarakat dan pihak-pihak yang mendukung penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak bahwa Pilkada di 101 daerah ini aman, alam pun bersahabat," kata Mendagri di Kantor Ombudsman, Jakarta, Kamis (16/2).

Namun demikian Mendagri menyebut,  memang terdapat beberapa masalah,  namun hal tersebut tidak menghambat proses pencoblosan. Seperti dia memberikan contoh, sebanyak 7 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sangihe Talaud yang tertunda disebabkan hujan deras. "Tidak hanya itu, di Papua juga ada yang tertunda karena cuaca," ujar Mendagri.

Mendagri mengatakan Kapolri, TNI, dan didukung juga oleh BIN sudah menjamin keamanan termasuk kata Mendagri keamanan di Ibukota DKI Jakarta.

Di DKI Jakarta sendiri, Mendagri mengakui masih adanya TPS yang mengalami kendala terkait dengan sisa surat suara. Tjahjo mengatakan, mekanisme pemungutan suara selalu dilakukan dengan melebihkan 2,5% kertas suara berdasarkan jumlah DPT yang ada di TPS. Kemudian, pemerintah akan memusnahkan seluruh kertas suara untuk menghindari kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2017.

Humas Kemendagri mengatakan, "Ini akan kami evaluasi, pilkada lancar dan sukses, tunggu hasil perhitungan KPUD," Mendagri. (SUR).

No comments

Powered by Blogger.