Enam Pegawai Disdikpora Manggarai Barat Terjaring OTT, Uang Puluhan Juta Disita.



Petugas yang OTT.

Jakarta,BERITA,ONE.COM-Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kepolisian Resor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, melakukan operasi tangkap tangan di ruangan Bagian Umum (ruangan 2 dan ruangan 3) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (04-11-2016).

Penangkapan oleh tim Saber Pungli Polres Mabar dilakukan terhadap staf Kepegawaian Bagian Umum Dinas PPO Mabar berinisial SI (54), bersama lima orang pegawai lainnya yang berinisian MHSG, MFG, NI, DH dan KM.

Dalam operasi tersebut, tim berhasil mengamankan uang tunai sebesar Rp4.580.000,- dari tangan SI yang dicurigai sebagai hasil pungutan liar dari para guru yang berstatus PNS di Kabupaten Mabar. Uang tersebut diduga didapat dari para guru dalam pengurusan kenaikan pangkat guru, berkas-berkas usulan kenaikan pangkat para guru sebanyak 58 berkas serta buku register pegawai.

Selain itu, tim juga mengamankan uang tunai dari rekening SI sebesar Rp18 juta, untuk pengurusan berkas DUPAK (Daftar Usul Kenaikan Pangkat).

Dari keterangan SI, bahwa iuran yang diambil merupakan hasil kesepakatan antara Kepala Dinas PPO dengan staf untuk pengurusan kenaikan pangkat sebesar Rp75 ribu. Sedangkan, untuk pengurusan DUPAK (Daftar Usul Kenaikan Pangkat), biasanya para guru memintai bantuan SI untuk mengurusnya dan dikenai biaya Rp300 ribu per orang.

Sampai saat ini, para pegawai dan staf Bagian Umum Dinas PPO Kabupaten Mabar beserta barang bukti telah diamankan di Mapolres Mabar dan sedang dalam proses penyidikan.(TBN/SUR)

Teks foto: Petugas yang OTT.

No comments

Powered by Blogger.