Pandangan Umum Fraksi - Fraksi Dewan Terhadap VI RAPERDA



PALI,BERITA-ONE.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) gelar rapat paripurna terhadap pandangan-pandangan fraksi-fraksi dewan terhadap VI Rencana Peraturan Daerah Kabupaten PALI, yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten PALI,Rabu (18/10/2016).

Rapat Paripurna ini dipimpin Wakil Ketua DPRD PALI Darmadi Suhaimi,SH yang dihadiri oleh Wakil Bupati PALI, Anggota Dewan,Para Kepala SKPD, BUMN,BUMD, Tokoh Agama,Tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Diawali dengan pandangan yang disampaikan oleh H.Asri Ag,SH.MS.i dari Fraksi PDIP, berharap kepada Pemkab Pali agar memiliki volume kerja yang baik dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat,selain itu diharapkan agar efisien, disarankan kepada eksekutif agar pejabat yang menduduki eselon ditempatkan sesuaii eselonnya,ucapnya.

Asri meminta kepada Bank Sumsel Cabang PALI agar menambah unit KAS, agar dapat  memudahkan pelayanan, berkaitan dalam pembahasan 6 Raperda,kiranya dapat dibahas secara rinci dengan Dinas terkait supaya begitu disyahkan dapat bermanfaat,katanya.

Dilanjutkan Tuti Ilsan menyampaikan pandangan umum dari Fraksi Demokrat, dalam penyampaiannya memberikan saran dan pendapat tentang Lambang Daerah, BUMD, wewenang pemerintah daerah agar disesuaikan dengan UU, Retribusi izin tertentu untuk meningkatkan PAD, Organisasi Perangkat Daerah, Modal Milik Daerah kepada Bank Sumsel Babel, fraksi ini mengajak pemerintah agar mengkaji lebih dalam lagi supaya dapat dijadikan pertimbangan bagi eksekutif dan masukan terhadap dewan dalam mencapai kemajuan,ucapnya.

Demikian dengan halnya yang dikatakan oleh Abdul Wahab dari Fraksi PAN, dalam pandangan fraksinya tentang 6 raperda yang tengah dibahas, dapat bermanfaat bagi masyarakat, selalu berada digarda depan," berkaitan dengan beberapa point tersebut dibutuhkan tanggapan terkait mata pasal kelihatan supaya jelas point poinya,ucapnya.

Sambungnya, terdapat banyak salah penulisan ejaan yang benar, sebelum menutup pandangannya  hendaknya pemerintah bersama legislatif dapat melakukan pembangunan jalan dipengabuan, karena ini masukkan dari masyarakat yang merupakan akses yang sangat penting demi kelancaran aktifitas petani," harapnya.

Sedangkan Irwan,ST yang menyampaikan pandangan atas nama Fraksi Golkar, menyampaikan bahwa fraksinya sangat mengapresiasi terhadap apa yang telah Bupati yang bekerjasama dengan pihak unsri untuk dibahas bersama anggota dewan,ucapnya.

" Kami berharap beberapa raperda tersebut setelah disyahkan, seperti 1 Raperda Lambang Daerah harus tersirat simbol kultural sehingga dapat berfungsi, serta fraksiya memberikan saran agar dimasukkan lambang  padi dan kapas sebagai lambang kesejahteraan pada logo Kabupaten PALI,begitu juga  tentang kewenangan Pemda sangat penting dan relevan ".sehingga kami menyarankan agar dalam pelayanan terhadap masyarakat dapat  mengayomi, begitu halnya Organisasi Perangkat daerah harus berjalan agar efektif dan efisien sehingga langkah yang diambil bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,kemampuan, sarana dan prasarana tetap memperhatikan kemampuan keuangan, berkaitan dengan retribusi diharapkan apat meningkatkan PAD,namun dalam melakukan pemungutan retribusi harus transparan sehingga maksimal, berkaitan dengan BUMD, Keberadaan Prusda hendaknya dapat  memberikan kontribusi terhadap daerah, dan berkenaan dengan Investasi Modal Banksumsel Babel, kami berharap tetap mengedepankan efisiensi dan efektifitas, diharapkan pada sesi selanjutnya dalam mendengarkan jawaban bupati sehingga melalui berbagai proses dapat disyahkan sebagai perda yang bermanfaat,paparnya.


Iip Fitriansyah Fraksi Nasional Gabungan Hati Berbintang menyampaikan pandangan tentang Lambang Daerah,BUMD,Retribusi,Orhanisasi perangkat daerah,Modal Bank Sumsel Babel, fraksinya berharap hal ini dapat dibahas dalam rapat pansus sehingga lahir perda yg bermanfaat dan dapat dipertangung jawabkan secara nyata," maka dari itu fraksinya menyarankan agar pemda dapat mengakomodir, terus mensosialisasikan lambang tersebut,jangan sampai ada dualisme dalam perayaan HUT Pali oleh karena lambang,retribusi hendaknya mengacu pada perundang - undangan, menyarankan Pembentukan Organisasi perangkat daerah, pemda harus mengambil langkah dalam penyertaan modal daerah,namun harus dikaji secara dalam, fraksinys selalu berkomitmen mendukung pemda asalkan untuk  kepentingan masyarakat.

Pandangan terakhir disampaikan oleh Edi Eka Puryadi dari Fraksi Gabungan PPPKS, bahwa terhadap BankSumselBabel fraksinya belum atau tidak melihat tahapan untuk  investasi, tahap keberapa? Investasi seperti apa? Bagaimana dengan dana CSR kepada masyarakatnya? Bagaimana juga tentang retribusi tertentu, kami berharap jenis IMB sebaiknya memperhatikan jenis bangunan dll, tolong diperhatikan dengan serius sehingga menguntungkan masyarakat.

Dalam Lambang Daerah hendaknya hal yang sangat penting ini lebih jelas, namun sayangnya fraksi kam belum  blm ada pandangan,karna berkas dikami hanya kertas foto cofy lambang saja, sehingga tak terlalu jelas.

Namun fraksi kami berharap keenam raperda yang tengah dibahas ini dapat mensejahterahkan masyarakat," tutupnya.

Selanjutnya rapat paripurna ini diskor sampai tibanya jawaban Bupati terhadap seluruh pandangan fraksi dewan ini," ujar Darmadi menutup rapat.(Suhardi)

No comments

Powered by Blogger.