Festival Gendang Melayu Diikuti Peserta asal Luar Negeri

LUBUKLINGGAU, BERITA-ONE.COM - Festival Gendang Melayu yang digelar dalam rangka peringatan HUT Kota Lubuklinggau, bakal diikuti peserta asal luar negeri yang terdiri dari 3 tim asal Malaysia, terdiri dari tim Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), lalu tim dari Negeri Trengganu dan Negeri Malaka.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Lubuklinggau, H Luthfi Ishak menjelaskan, tidak hanya tim asal luar negeri, beberapa peserta dari dalam negeri yang berasal dari 10 provinsi pun, juga bakal memeriahkan kegiatan Festival Gendang Melayu bertaraf internasional yang telah beberapa kali sukses digelar di Kota Lubuklinggau.

"Total sementara akan ada 16 tim yang akan ikut serta. Sebenarnya, beberapa negara lain juga sempat mengkonfirmasi akan turut serta, tapi sayangnya kegiatan ini berbarengan dengan acara yang hampir sama yang digelar di Korea," jelasnya saat ditemui di Kawasan Wisata Bukit Sulap beberapa hari lalu.

Ia memastikan, persiapan kegiatan tersebut, sampai saat ini telah rampung hampir 80 persen. Pihaknya berharap, seluruh persiapan bisa segera rampung jelang pergelaran yang dilaksanakan mulai 17 Oktober 2016, hingga selesai pada 22 Oktober 2016 mendatang.

"Kita pastikan Sabtu (15/10) nanti, terkait sarana, seperti panggung dan fasilitas di lokasi acara, semuanya akan dirampungkan," kata dia.

Ia menyampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya juga akan menggelar Karnaval Budaya dengan tema 'Ayo Ngelong ke Lubuklinggau' yang akan dipusatkan di Taman Kurma atau halaman Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau.

"Bisa sampai 16 tim yang ikut, karena beberapa Provinsi ada yang mengirimkan lebih dari satu tim, misalnya dari Provinsi Bengkulu saja, itu diikuti peserta asal Kota Bengkulu dan Kabupaten Rejang Lebong. Untuk karnaval budaya, nanti dari daerah masing-masing akan memperlihatkan ciri khas daerah," ungkapnya.(Joni)

No comments

Powered by Blogger.