Empat WN Malaysia Pamerkan Buku Berlogo Palu Arit Diamankan Polisi


Enam buku yang disita (dtc/istimewa)

Jakarta, BERITA-ONE.COM-Petugas Polsek Metro Tanah Abang menyita 6 buah buku berlogo palu arit yang dipamerkan dalam pameran buku di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Empat WN Malaysia yang memamerkan buku tersebut juga diamankan polisi.

"Tadi sudah dimintai keterangan di bagian Pengawasan Orang Asing (POA) Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya (PMJ). Keempat WN Malaysia tersebut sudah diserahkan ke pihak imigrasi," ujar Kabid Humas  PMJ Kombes Pol Awi Setiyono kepada wartawan, Sabtu 1Oktober 2016.

Saat ditanya apakah keempat WN Malaysia tersebut memiliki izin untuk menjual buku tersebut, Awi mengatakan "Sesuai undang-undang untuk orang asing, pengawasannya oleh imigrasi. Silakan konfirmasi ke sana untuk datanya. Tadi kami menangani awal setelah ada informasi dari pengunjung,"kata Kabid Humas.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Metro Tanah Abang, Kompol Mustakim mengatakan, keempat WN Malaysia tersebut adalah penanggung jawab stand yang menjual buku berjudul 'Manifesto Komunis-Karl Marx & Friedrik Engels' tersebut.

"Keempat orang WN Malaysia tersebut adalah penerbit, pimpinan stand dan dua orang penjaga stand," ujar Kompol Mustakim.

Keempat orang tersebut yakni Zulfikri Zamir bin Mohammad Munir, 31 tahun, dari pihak penerbit Thukul Cetak, Sakri bin Abdullah, 51 tahun, selaku pimpinan stand, serta dua orang penjaga stand yaitu Mohd Rozla. Bin Muhammed Noor, 46 tahun dan Khairul Nizam bin Muhammad Yunis, 45 tahun.

Humas PMJ mengatakan, selain mengamankan keempat WN Malaysia tersebut, Polsek Metro Tanah Abang juga menyita 6 buah buku yang dipamerkan di stand tersebut. Tindakan ini dilakukan menyusul adanya informasi pengunjung bahwa ada penjualan buku berlogo palu arit dalam pameran buku yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) di JCC, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, sekira pukul 13.30 WIB. (SUR)


No comments

Powered by Blogger.