PN Jakpus Kecewakan Ir.Tonin Tachta Singarimbun SH




Ir. Tonin Tachta Songarimbun SH.
JAKARTA,BERITA-ONE.COM-Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Pontas SH atau Bastin Sinaga SH yang  menjadi ketua majelis hakim dalam perkara Bertanatalia SH Cs, telah mengecewakan Ir. Tonin Tachta Singarimbun SH  karena Sampai Rabu jam 5 sore,  belum juga mengeluarkan surat penetapan untuk Bertanatalia Cs guna menjadi saksi sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan 25 Agustus. Kekecewaan ini disampaikan  Tonin, kepada wartawan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, 24 Agustus 2016.

"Sampai jam 5 sore kemarin  surat penetapan yang kami minta agar Bertanatalia Cs  bisa menjadi saksi untuk praperadilan ,  dengan pemohon Hafiah, istri Samsul Hidayatollah, kakak Saipul Jamil, belum juga dibuat. Padahal, surat permohonan sudah kami sampaikan hari Senin  lalu, sidangnya besok , jam 09 pagi 25 Agustus.Ini pengadilan sudah tidak benar", kata pengacara asal tanah Karo tersebut.

Dijelaskannya, Yang Mulia Bastin Sinaga ketika di tanyakan  masalah  ini hanya   mennjawab," Surat permohonan baru kami terima kira kira satu jam yang lalu. Bagaimana kami bisa     memprosesnya, jumlah hakimnya 5 orang, yang dua sudah pulang, juga harus  musawarah.", kata Bastin  yamg ditirukan Tonin kepada wartawan.

Jadi sidang hari ini  (25 Agustus) batal untuk    menghadirkan Bertanayalia Cs untuk  menjadi saksi dalam kasus praperadilan Samsul Hidayatullah. Yang pasti hanya Saipul Jamil yang hadir karena ijinnya  sudah keluar. 

Sementara itu, sidang hari Rabu kemarin baik untuk perkara praperadilam untuk Rohadi ataupun Samsul,  masing masing sudah pada tahap pembuktian, baik bukti surat atau keterangan saksi.

Seperti diberitakan sebelumnya ,sidang praperadilan ini dimohon oleh pihak Rohadi dan Samsul. Sedangkan termohon KPK ,  karena dalam melakukan OTT dinilai   melanggar KUHAP yang antara lain; tidak ada surat peritah penangkapan, penggeledahan, penyitaan dan lainya. (SUR).

No comments

Powered by Blogger.