Diduga Pilkades Kesan Dipaksakan



PALI,BERITA-ONE.COM-Pelantikan 17 Kepala Desa Persiapan, dan pergantian kepala desa definitif, kesan dipaksakan, kalau dilihat kasat mata, ada sebagian Desa bukan penduduk asli, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), pelantikkan tersebut disahkan oleh Bupati Ir Heri Amalindo MM diwakili Wakil Bupati Ferdian Andreas Lacony.S.Kom MM.

Wakil Bupati Ferdian Andreas Lacony S.Kom MM, mengucapkan selamat kepada kepala desa (Kades) yang dilantik, semoga saja kades persiapan bisa mempercepat roda pemerintahan kabupaten PALI, sebab pembangunan daerah harus dari pedesaan.

"Program Pembangunan ini merupakan perintah langsung dari Presiden RI, bagaimana seluruh wilayah, sebab disini Presiden telah memprogram anggaran desa, satu desa 1 Milyar, disini pihaknya akan berupaya memaksimal kinerjanya melalui Bumdes, Bumdes bisa meningkatkan perekonomian daerah, " ujarnya. Jumat (17/6)

Sementara itu Kadin BPMPD Arif Firdaus melalui Kabid Pemerdayaan Desa Gerry, mengatakan dalam pelantikkan telah mempersiapkan desa pemekaran, yakni Desa Persiapan, ada 17 Desa persiapan dan Desa Definitif yang dilantik, diantaranya Desa Persiapan Air Itam Timur Jaya, Air Itam Timur Selatan, Prambatan Barat, Batu Tugu, Betung Utara, Karang Agung Utara, Pandan Ilir, Marga Mulia, Dewa Sebane, Muara Dua.

"Sedang Des Definitif meliputi Tanah Abang Jaya Barat, Tanah Abang Utara, Purun Selatan, Sukamaju, Simpang Tais, untuk wilayah kabupaten Pali, berjumlah 87 Desa dan 6 kelurahan, disini dirinya hanya menjalankan tugas saja, tidak mengetahui tentang pribadi personal Kadesnya, BPMPD mempersiapkan Pilkades secara serentak, " ungkapnya.

Terpisah Diakuinya Kades Sukamaju Muslimin, disini masih menjabat Kabid Pemerdayaan Desa di Kecamatan Talang Ubi, dan hanya sementara saja, untuk menjalankan program desa, sebab Kades yang lama habis jabatannya, tiba-tiba ditunjuk langsung oleh bupati untuk mengemban amanah ini.

"Disini Saya memang tinggal di Karta Dewa, akan tetapi apabila masyarakat membutuhkannya, bisa langsung ke desa Sukamaju, disini hanya meneruskan program kades yang lama, untuk menjalankan anggaran Desa, sebab dana desa sudah pertengahan, dan siap mengawal Dana Desa tahun 2016 yang belum dikucurkan, " ungkapnya.

Sementara itu Mantan Kades Simpang Tais Sururi, kecewa dengan kinerja BPMPD, secara tidak wajar dan tidak profesionalnya dalam pilkades, seharusnya kades yang lama harus dicopot terlebih dahulu, baru melantik kepala desa yang baru, disini hanya meminta penghargaan diri saja.

Dalam Pelantikan Kades Adanya Sekretaris Camat Talang Ubi Zulkifli Lubis, yang sekarang menjabat menjadi Kepala Desa Simpang Tais, diketahui bahwa syarat menjadi kepala desa merupakan penduduk asli desa, sedang Sekcam bukan asli orang kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Ketika berita ini diturunkan Sekcam Talang Ubi Zulkifli, enggan berkomentar.(MK)



No comments

Powered by Blogger.