Kadinkes : Dr.Eni Zatilah, Kunjungi Penderita Virus HIV



PALI,BERITA-ONE.COM-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengunjungi rumah masyarakat yang diduga tengah mengidap penyakit virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang ada di kelurahan Talang Ubi Utara Sumberejo Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI jum'at pada pukul 11:00wib,(15/04/2016).

Inisial Ngd (60) yang merupakan warga dusun Sumberjo Kelurahan Talang Ubi Utara ini diduga Mengidap Penyakit HIV yang dikunjungi oleh pihak dinas kesehatan
 Dr.Eni Zatilah,MKm Kepala Dinas Kesehatan Pali Saat Konfirmasi sejumlah wartawan mengatakan bahwa kita dari dinas kesehatan telah  mendata yang diduga terkena virus HIV dari keluarga Pak ngd(60) dan keluarganya, dari hasil pendataan ternyata benar keluarga ini, positif menderita virus HIV.

Selain itu lanjut Eni, didalam keluarga itu terdapat 1 orang perempuan yang  negatif dikarenakan berbeda Ayah, sebagai upaya kita akan terus memberikan motivasi untuk menyarankan kepada keluarga ini agar tetap meminum obat dan untuk mendapatkan obat bagi mereka, kami membantu dari jaminan kesehatan yang dia punya untuk mengambil obat disalah satu klinik di Kota Prabumulih secara gratis," terang eni.

Di Kabupaten Pali ini ungkapnya dari hasil pendataan terdapat ada 9 orang yang sudah positif menderita HIV AIDS, ada 4 diantaranya yang sudah meninggal dunia. Namun kita selalu  menyarankan arankan serta terus menghimbau kepada masyarakat lingkungan kelurahan Talang Ubi Utara jangan sampai mengucilkan keluarga ini,karena takut menularnya penyakit HIV tersebut,yang diderita keluarga ini karena menularnya virus HIV aid ini melalui kontak intim, darah, cairan tubuh, kontak seksual, jarum suntik yang tidak aman daripada pengguna narkoba dan trend tas Central contohnya ibu hamil pengidap HIV itu ke bayi yang dikandung Jadi kalau cuman bersalaman berpelukan antara masyarakat dengan keluarga ini tidak akan menular," ujar eni.

Kami dari dinas kesehatan terdapat  berbagai bentuk program yang serta  kami tetap selalu memberikan support mengenai kebutuhan obat bagi keluarga penderita HIV ini.
Makanya kita minta keluarga  penderita jangan sampai putus obat, karena intinya dia harus minum obat untuk mempertahankan supaya virusnya tidak makin banyak dan berkembang dengan adanya Obat virus tersebut akan memperlambat berkembangnya penyakit HIV sehingga tidak menjadi AIDS.

Karena kalau dia menderita HIV positif dia masih sehat, masih bisa beraktivitas,akan tetapi kalau dia sudah menderita Aids ini yang parah seperti Contohnya yang terjadi padaPak Ngd ini hanya terbaring lemah dan sakit,"jelas eni.(PP)

No comments

Powered by Blogger.